ARTICLE

Wajib Punya Aplikasi Android Ini, Berfungsi Berikan Peringatan Dini Terjadinya Gempa Bumi

Info Penting Bagi orang-orang yang tinggal di wilayah rawan bencana alam, seperti Indonesia sangat membutuhkan informasi atau peringatan dini tentang bencana alam yang akan melanda. Seperti gempa bumi yang datangnya sulit untuk diprediksi. Namun ternyata Anda dapat berpartisipasi menjadi pengguna smartphone yang membantu mendeteksi terjadinya gempa bumi yang melanda suatu wilayah.

Dengan Berita-berita yang ada, Terdengar Kabar bahwa UC Barkeley telah meluncurkan sebuah aplikasi untuk perangkat Android yang bernama MyShake. Aplikasi ini menggunakan sensor gerak smartphone Anda untuk menentukan apakah bumi yang sedang Anda pijak bergetar atau tidak. Informasi yang berasal dari smartphone Anda akan dikumpulkan dan dijadikan satu dengan informasi dari pengguna lain di suatu wilayah yang sama.
Dengan mengumpulkan informasi yang relevan, menggunakan cara ini cukup akurat untuk membuat peringatan dini akan terjadinya gempa bumi. Para peneliti menggunakan serangkaian informasi yang mereka dapatkan dari penguna. Sensor yang paling berperan utama pada aplikasi ini adalah akselerometer, dan seperti yang kita ketahui, hampir semua smartphone Android telah memiliki sensor ini.

Selain itu, untuk membuat informasi peringatan dini yang akurat, para peneliti telah menerapkan sebuah algoritma khusus yang dapat membedakan informasi asli dan informasi palsu. Sebuah smartphone yang memiliki akselerometer dapat memprediksi gempa hingga berkekuatan 5SR dengan jarak jangkauan hingga 6,2 mil atau sekitar 10km.

Jika 60% dari mereka yang telah memasang aplikasi ini menunjukkan peringatan gempa pada saat yang sama, alarm dikirim bahwa gempa akan datang. Dan peringatan dini ini penting karena dapat mengetahui bahwa gempa akan datang bahkan hanya 60 detik ke depan, sudah cukup untuk mengambil tindakan pencegahan yang bisa menyelamatkan banyak nyawa.

Aplikasi ini juga menunjukkan Anda apa yang harus lakukan jika Anda terjebak dalam gempa bumi, seperti cara berlindung jika Anda di dalam gedung bertingkat, atau tidak panik saat mencari jalur evakuasi. Namun aplikasi ini baru tersedia untuk platform Android, sedangkan untuk iOS akan mulai tersedia dalam waktu dekat. Bagi Anda yang ingin memasang aplikasi ini pada perangkat Android Anda bisa Pergi ke Google Playstore pada Ponsel anda.

Silahkan rasakan Bagaimana Kondisi daerah yang anda Pijaki, apakah sedang ada Getaran disana ??
Cobalah dan jangan sampai ketinggalan Aplikasi Pendeteksi Gempa tersebut.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Wajib Punya Aplikasi Android Ini, Berfungsi Berikan Peringatan Dini Terjadinya Gempa Bumi"

Post a Comment

> Silahkan Tinggalkan Komentar anda.
> Setiap Komentar anda Dapat nantinya menjadi Dorongan untuk Posting Kami yang lebih baik.
> Komentar Positif dan Dilarang Meniggalkan URL Aktif