Berikut ini adalah kumpulan dari program yang di pelajari saat
mempelajari tentang bahasa pemrograman tingkat dasar tersebut : Silahkan Disimak !
Atau anda bisa membaca dahulu :
Baiklah disini saya akan berbagi berbagai Kumpulan program pascal yang merupakan kumpulan latihan saat saya belajar bahasa pemrograman pascal. saya menggunakan Turbo Pascal 7.0 sebagai kompilernya. Mungkin dari sisi kebaikan ada kekurangan disana dan sini, tetapi mudah - mudahan
kumpulan program ini bermanfaat bagi pembaca yang berminat untuk membuat program pascal dan yang baru mempelajari bahasa pemrograman pascal.
Baiklah disini saya akan berbagi berbagai Kumpulan program pascal yang merupakan kumpulan latihan saat saya belajar bahasa pemrograman pascal. saya menggunakan Turbo Pascal 7.0 sebagai kompilernya. Mungkin dari sisi kebaikan ada kekurangan disana dan sini, tetapi mudah - mudahan
kumpulan program ini bermanfaat bagi pembaca yang berminat untuk membuat program pascal dan yang baru mempelajari bahasa pemrograman pascal.
Pengenalan Dasar Pemrograman Pascal
XPicture Techformatika
1. Membuat Program Keliling
lingkaran
Berikut Scriptnya :
program
genap;
uses crt;
var x : integer;
begin
write('masukkan sembarang angka =');read (x);
if x mod 2=0 then
write('genap')
else
write('ganjil')
end.
uses crt;
var x : integer;
begin
write('masukkan sembarang angka =');read (x);
if x mod 2=0 then
write('genap')
else
write('ganjil')
end.
2. Membuat Program deret ABCDE
Scriptnya :
program deret ABCDE;
uses crt;
var i, batas :char;
begin
{write('masukkan integer positif=');
readln(batas);}
for i:='a' to 'e' do
write(i,' ');
end.
program deret ABCDE;
uses crt;
var i, batas :char;
begin
{write('masukkan integer positif=');
readln(batas);}
for i:='a' to 'e' do
write(i,' ');
end.
3. Membuat Program Bilangan Kelipatan 5
Scriptnya :
program bilangan kelipatan 5;
uses crt;
var bil, batas :integer;
begin
write('Masukkan integer positif,=');
readln(batas);
for bil:=5 to batas do
if bil mod 5=0 then
write(bil,' ');
end.
program bilangan kelipatan 5;
uses crt;
var bil, batas :integer;
begin
write('Masukkan integer positif,=');
readln(batas);
for bil:=5 to batas do
if bil mod 5=0 then
write(bil,' ');
end.
4. Membuat deretan angka 1 Sampai 10
Scriptnya :
program
deratan angka 1 sampai 10;
uses crt;
var i, batas:integer;
begin
{write('Masukkan integer positif,=');
readln(batas);}
for i:=1 to 10 do
write(i);
end.
uses crt;
var i, batas:integer;
begin
{write('Masukkan integer positif,=');
readln(batas);}
for i:=1 to 10 do
write(i);
end.
5. Membuat Program deretan EDCBA
Scriptnya :
program
deretan EDCBA;
uses crt;
var i,batas:char;
begin
{write('masukkan integer positif=');
readln(batas);}
for i:='e' downto 'a' do
write(i,' ');
end.
uses crt;
var i,batas:char;
begin
{write('masukkan integer positif=');
readln(batas);}
for i:='e' downto 'a' do
write(i,' ');
end.
6. Membuat Program Bilangan Ganjil dan Genap
Scriptnya :
program
Ganjil genap;
uses crt;
var bil:integer;
begin
for bil:=6 to 16 do
if bil mod 2=1 then
write(bil,' ');
readln;
end.
uses crt;
var bil:integer;
begin
for bil:=6 to 16 do
if bil mod 2=1 then
write(bil,' ');
readln;
end.
7. Membuat Program Grade (Nilai Mahasiswa)
Scriptnya :
Program
nilai_mahasiswa;
uses crt;
Var
Nilai : Real ;
Grade : Char ;
nama : string ;
Begin
write('NAMA ANDA: ',nama);
read(nama);
Write('NILAI YANG ANDA PEROLEH : ');
Read(Nilai);
uses crt;
Var
Nilai : Real ;
Grade : Char ;
nama : string ;
Begin
write('NAMA ANDA: ',nama);
read(nama);
Write('NILAI YANG ANDA PEROLEH : ');
Read(Nilai);
Readln;
end.
BACA : Disini Ada Pemrograman Pascal Lengkap8. Membuat Program Hadiah Pembelian (voucher)
Scriptnya :
program Voucher;
Uses crt;
var
x:integer;
begin
write('masukkan harga=');read(x);
if x<=49.999 then
write ('maaf anda belum beruntung')
else
if x<=99.999 then
write ('selamat anda mendapatkan Kulkas')
else
if x<=149.999 then
write ('selamat anda mendapatkan Motor')
else
if x<=199.999 then
write ('selamat anda mendapatkan Sepeda')
else
if x<=5000.000 then
write ('selamat anda mendapatkan Sendal cantik')
end.
Uses crt;
var
x:integer;
begin
write('masukkan harga=');read(x);
if x<=49.999 then
write ('maaf anda belum beruntung')
else
if x<=99.999 then
write ('selamat anda mendapatkan Kulkas')
else
if x<=149.999 then
write ('selamat anda mendapatkan Motor')
else
if x<=199.999 then
write ('selamat anda mendapatkan Sepeda')
else
if x<=5000.000 then
write ('selamat anda mendapatkan Sendal cantik')
end.
9. Membuat Program Nama Binatang
Scriptnya :
program
Nama_binatang;
uses crt;
var baris, kolom :integer;
begin
clrscr;
for baris:=1 to 8 do
begin
for kolom:=1 to baris do
write('Beruang');
writeln;
end;
readln;
end.
uses crt;
var baris, kolom :integer;
begin
clrscr;
for baris:=1 to 8 do
begin
for kolom:=1 to baris do
write('Beruang');
writeln;
end;
readln;
end.
10. Membuat Program Jenis Bilangan Bulat
Scriptnya :
program
jenis_bilangan_bulat;
uses crt;
var
x : integer;
begin
write ('Masukkan sembarang angka=');read(x);
if x >0 then
write ('positif')
else
if x <0 then
write('negatif')
else
write ('nol')
end.
uses crt;
var
x : integer;
begin
write ('Masukkan sembarang angka=');read(x);
if x >0 then
write ('positif')
else
if x <0 then
write('negatif')
else
write ('nol')
end.
11. Membuat Program Menghitung Jarak
Scriptnya :
Program
Menghitung_Jarak;
Uses Crt;
var
x1, x2, y1, y2:integer;
d:real;
begin
Writeln('Program Menghitung Jarak Titik A dan B');
Writeln('======================================');
Writeln;
Write('Masukan Nilai A (X1): ');readln(x1);
Write('Masukan Nilai B (X2): ');readln(x2);
Write('Masukan Nilai A (Y1): ');readln(y1);
Write('Masukan Nilai B (Y2): ');readln(y2);
d:=sqrt(sqr(x2-x1)+sqr(y2-y1));
Writeln;
Writeln('Jadi Jarak Titik A ke B Adalah: ',d:4:2);
end.
var
x1, x2, y1, y2:integer;
d:real;
begin
Writeln('Program Menghitung Jarak Titik A dan B');
Writeln('======================================');
Writeln;
Write('Masukan Nilai A (X1): ');readln(x1);
Write('Masukan Nilai B (X2): ');readln(x2);
Write('Masukan Nilai A (Y1): ');readln(y1);
Write('Masukan Nilai B (Y2): ');readln(y2);
d:=sqrt(sqr(x2-x1)+sqr(y2-y1));
Writeln;
Writeln('Jadi Jarak Titik A ke B Adalah: ',d:4:2);
end.
12. Membuat Program Konversi Suhu
Scriptnya :
Program Konversi_Suhu;
Uses Crt;
var f, c :real;
begin
Writeln('Program Konversi Fareinheit Ke Celcius');
Writeln('======================================');
Writeln;
Write('Masukan Suhu dalam Farenheit: ');readln(f);
c:=5/9*(f-32);
Writeln;
Writeln('Jadi Suhu Dalam Celcius Adalah: ',c:4:2);
end.
var f, c :real;
begin
Writeln('Program Konversi Fareinheit Ke Celcius');
Writeln('======================================');
Writeln;
Write('Masukan Suhu dalam Farenheit: ');readln(f);
c:=5/9*(f-32);
Writeln;
Writeln('Jadi Suhu Dalam Celcius Adalah: ',c:4:2);
end.
13. Membuat Program Kontreversi Waktu
Scriptnya :
Program
Konversi_Waktu;
Uses crt;
Var j, m, d, h :integer;
begin
Writeln('Program Konversi Waktu');
Writeln('======================');
Writeln;
Write('Masukkan Jumlah Jam : ');readln(j);
Write('Masukkan Jumlah Menit : ');readln(m);
Write('Masukkan Jumlah Detik : ');readln(d);
Writeln;
h:=(j*3600)+(m*60)+d;
Writeln('Jadi Hasil Konversi : ',h,' Detik');
end.
Uses crt;
Var j, m, d, h :integer;
begin
Writeln('Program Konversi Waktu');
Writeln('======================');
Writeln;
Write('Masukkan Jumlah Jam : ');readln(j);
Write('Masukkan Jumlah Menit : ');readln(m);
Write('Masukkan Jumlah Detik : ');readln(d);
Writeln;
h:=(j*3600)+(m*60)+d;
Writeln('Jadi Hasil Konversi : ',h,' Detik');
end.
14. Membuat Program Kontreversi Waktu 1
Scriptnya :
Program
Konversi_Waktu1;
Uses Crt;
var j, m, d, dm, sisa, sisa1 :integer;
begin
Writeln('Program Konversi Waktu 1');
Writeln('========================');
Writeln;
Write('Masukkan Jumlah Detik : ');readln(dm);
if (dm/3600)>0 then
begin
j:=dm div 3600;
sisa:=dm-(j*3600);end
else
begin
j:=0;
sisa:=dm;
end;
if (sisa/60)>0 then
begin
m:=sisa div 60;
sisa1:=sisa-(m*60);
end
else
begin
m:=0;
sisa1:=sisa;
end;
d:=sisa1;
Writeln;
Writeln('Hasil => ',j,' jam ',m,' menit ',d,' detik');
end.
Uses Crt;
var j, m, d, dm, sisa, sisa1 :integer;
begin
Writeln('Program Konversi Waktu 1');
Writeln('========================');
Writeln;
Write('Masukkan Jumlah Detik : ');readln(dm);
if (dm/3600)>0 then
begin
j:=dm div 3600;
sisa:=dm-(j*3600);end
else
begin
j:=0;
sisa:=dm;
end;
if (sisa/60)>0 then
begin
m:=sisa div 60;
sisa1:=sisa-(m*60);
end
else
begin
m:=0;
sisa1:=sisa;
end;
d:=sisa1;
Writeln;
Writeln('Hasil => ',j,' jam ',m,' menit ',d,' detik');
end.
Nah itulah Beberapa Script program dari Bahasa Pascal yang pernah saya coba dan pelajari sendiri. Mungkin kawan sekalin sedang membuatuhkan ini untuk membuat sebuah program anda. Semoga ini membantu dan jangan lupa untuk memberikan Komentar terbaik anda dikolom komentar ya.
Silahkan Sebelum keluar Kunjungi :
gan buat program pascal tentang
ReplyDeletearray data sebanyak 20 data , terus di urutkan menggunakan buble short
Tunggu nanti saya coba buatkan
Delete