ARTICLE

Membuat Surat Resmi Dalam Bahasa Inggris

Membuat surat resmi dalam bahasa inggris bukanlah perkara mudah. butuh pengalaman yang tidak sebentar agar bisa membuat surat yang bagus. karena surat resmi bukan surat yang ditujukan untuk pacar atau sahabat Anda sehingga bisa dibuat sekendak hati.untuk itu disini saya akan kemukankan tips yang sangat bagus tentang bagaimana menulis surat resmi berbahasa inggris :

Tips pertama:Selalu gunakan kalimat pengantar dan salam penutup yang baku. Untuk kalimat pengantar cukup gunakan: Dear Mr. atau Dear Ms.Bila kita tidak tahu siapa yang akan menerima surat tersebut, misalnya mengirim ke alamat email umum suatu instansi bisa gunakan Dear Madam,  Dear Sir, 

Untuk salam penutup, saya paling senang menggunakan Sincerely yours,, sangat sopan. Tapi kalau misalnya surat menyuratnya sudah berlangsung berulang kali dengan orang yang sama, kita bisa menggunakan Best regards, atau cukup dengan Best,

Tips kedua: Jangan lupa untuk berterima kasih. Kalimat penutup andalan saya biasanya: I am looking forward to hearing from you. Thank you very much. Kalimat ini memberitahukan kepada sang penerima surat kalau kita menunggu jawabannya atas permintaan kita di surat, dan kita mengucapkan banyak terima kasih sebelumnya. Sangat sopan bukan? Untuk mengucapkan terima kasih secara umum, bisa juga menggunakan: Thank you for your kind help.

Tips ketiga:
Memohonlah dengan sopan.Caranya gampang sekali, cukup dengan menggunakan kalimat berpola:
I would be very grateful if you could … Tinggal isi titik-titiknya dengan permohonan yang ingin diajukan. Sopan dan langsung ke tujuan. Atau contoh dari koala manolo (lihat komentar), If you could …, it would be most appreciated. Isi titik-titiknya dengan permintaan.

Tips keempat:
Jangan pernah menggunakan singkatan, simbol pengganti kata, atau kata yang bernuansa non-formal.
Jadi tulislah it is, bukan it’s. Jangan menulis a la ABG dengan menggunakan angka 4 untuk for (saya pernah menerima surat yang menggunakan ini. Hampir jatuh dari kursi rasanya) atau u untuk you; dan tulislah thank you dengan baik dan benar.
 Baca Juga :

Menulis Surat Pribadi Berbahasa Inggris

Tips kelima:
Tulislah nama dengan lengkap. Kalau bisa cantumkan afiliasi di bawah nama. Tanda
tangan seperti ini sangat penting, apalagi bila kita menulis surat dalam kapasitas kita
sebagai pegawai kantor tertentu.

Tips keenam:
Gunakan huruf besar dan tanda baca dengan baik. Huruf kecil memang imut, tapi dalam
surat lebih penting menunjukkan kemampuan kita dalam menggunakan tata bahasa dengan
baik dan benar, daripada menunjukkan jiwa kita yang mencintai keunikan.
Kalau kita menggunakan tips singkat ini kepada contoh surat di atas, maka hasilnya
menjadi sebagai berikut:
Bagaimana? Berbeda bukan? Tetap singkat dan padat, tapi lebih formal dan sopan.  Seseorang
penerima surat pun akan merasa tertuntut untuk menjawab surat seperti ini. Paling tidak
dalam kasus saya mengirimkan surat. selamat mencoba untuk menulis surat bahasa inggris.
Baca Juga Semua Mengenai Bahasa inggris Informatika

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Membuat Surat Resmi Dalam Bahasa Inggris"

Post a Comment

> Silahkan Tinggalkan Komentar anda.
> Setiap Komentar anda Dapat nantinya menjadi Dorongan untuk Posting Kami yang lebih baik.
> Komentar Positif dan Dilarang Meniggalkan URL Aktif