IF pada EXCEL
Pada Postingan kali ini Berikut akan kita bahas tentang penggunaan rumus IF pada excel. Sebenarnya sangat mudah bagi yang sudah sering melakukan rumus ini.
Banayak Perintah otomatis yang sudah langsung tersedia di excel yang dapat memudahkan kita dalam menyelesaikan tugas khususnya untuk mempersingkat waktu.
baiklah inilah penggunaan rumus IF :
Disini kita memberi dan mencontohkan mencari Nilai Huruf pada nilai Total angka Mahasiswa. Seperti ini rumusnya.. dan perhatikanlah dalam membuat rumus
Baca :
Pertama buatlah tanda =, lalu ketikkan if, buatlah tanda kurung(), Masukkan sel dimana nilai total akan dicari nilai hurufnya. Buatlah angka Patokan atau standar Nilai pada setiap nilai huruf yang ingin di buat. misal nilai A harus lebih besar sama dengan 85. Lalu beri pembatas seperti ; atau , . Biasanya pada setiap komputer berbeda. tergantung komputernya, tapi diantara keduanya bisa digunakan di excel. setelah itu buat tanda " lalu masukkan Nilai Huruf (misal A) jangan lupa tutup dengan " lagi. lalu untuk mencari nilai BCDE, berikan pembatas lagi ; atau , lalu masukkan rumus if lagi sama seperti mencari nilai A tadi, namun bedanya kita tidak perlu memasukkan tanda =.
Jika sudah semua hingga Nilai huruf E, jangan lupa tutup kurung sebanyak kurung yang dibuka.
hasilnya seperti dibawah ini jika sudah didrag ke semua baris..
Ini hasil akhirnya..
Baca :
Daftar terkait :
Pada Postingan kali ini Berikut akan kita bahas tentang penggunaan rumus IF pada excel. Sebenarnya sangat mudah bagi yang sudah sering melakukan rumus ini.
Banayak Perintah otomatis yang sudah langsung tersedia di excel yang dapat memudahkan kita dalam menyelesaikan tugas khususnya untuk mempersingkat waktu.
baiklah inilah penggunaan rumus IF :
Disini kita memberi dan mencontohkan mencari Nilai Huruf pada nilai Total angka Mahasiswa. Seperti ini rumusnya.. dan perhatikanlah dalam membuat rumus
Baca :
Cara Membuat Grafik atau Chart pada Microsoft Office Word
Pertama buatlah tanda =, lalu ketikkan if, buatlah tanda kurung(), Masukkan sel dimana nilai total akan dicari nilai hurufnya. Buatlah angka Patokan atau standar Nilai pada setiap nilai huruf yang ingin di buat. misal nilai A harus lebih besar sama dengan 85. Lalu beri pembatas seperti ; atau , . Biasanya pada setiap komputer berbeda. tergantung komputernya, tapi diantara keduanya bisa digunakan di excel. setelah itu buat tanda " lalu masukkan Nilai Huruf (misal A) jangan lupa tutup dengan " lagi. lalu untuk mencari nilai BCDE, berikan pembatas lagi ; atau , lalu masukkan rumus if lagi sama seperti mencari nilai A tadi, namun bedanya kita tidak perlu memasukkan tanda =.
Jika sudah semua hingga Nilai huruf E, jangan lupa tutup kurung sebanyak kurung yang dibuka.
hasilnya seperti dibawah ini jika sudah didrag ke semua baris..
Untuk mencari Kolom keterangan, biasanya kita gunakan kata seperti ISTIMEWA, BAIK, CUKUP, KURANG, GAGAL.Nah untuk dimasukkan kerumus IF tadi cukup Copy kan rumus mencari ABCDE tadi ke bagian Keterangan, Lalu ubahlah nilai huruf yang terdapat di rumus if menjadi keterangan seperti ISTIMEWA, BAIK, CUKUP, KURANG, GAGAL.
Ini hasil akhirnya..
Baca :
Cara Menghitung Selisih Tahun , Bulan Dan Tanggal di Office Excel (Spreadsheets) Lengkap
Daftar terkait :
Penggunaan Rumus Vlookup Di Excel (Spreadsheets)
Nah, itulah langkah penggunaan rumus IF di excel maupun spreadsheets. mudah bukan hal ini ?? coba anda pelajari lagi pembahasan kali ini untuk mendalami hal mengenai Excel Office disini
Sering-sering Mampir kesini ya..
Semoga bermanfaat ya....
bisa diperbaiki lagi cara memasukkannya ??
ReplyDeletebisa om agan...thanks
ReplyDelete