ARTICLE

Langkah Membuat Algoritma dan Struktur data dengan Perulangan Positif (For To Do) Plus Contoh

Baiklah disini saya akan kembali mensharing artikel mengenai Algoritma dan struktur data, dan kali ini saya akan mencontohkan bagaimana membuat algoritma dan struktur data menggunakan Perulangan Positif yakni For to do.  

Perulangan Positif atau For to Do, Yaitu Perulangan Yang Perhitungannya Dari Kecil Ke arah yang Besar..Disini saya akan memberikan terlebih dahulu Flowchartnya agar jelas kita akan mencari apa.
Yang mana soalnya dari dosen saya adalah sebagai berikut dibawah ini :
Soal : "Selesaikan tugas Flowchart daftar harga bahan bakar minyak (BBM) 1 sampai 10 liter dengan harga bahan bakar -> Premium, solar, dan pertamax."

Sebenernya saya sedikit kurang paham dengan soal dari dosen ini. Tapi saya akan berbagi hal ini kepada anda. karena memang dasarnya dosen selalu membagikan hal tersulit lebih dahulu dari pada yang termudah. hehe Just kidding.
 


Nah setelah anda melihat Gambaran dari Flowchartnya, saya juga akan memberikan sebuah script atau Coding nya untuk membuat program algoritma ini.
Lihat dibawah ini : Copas dan coba pada Aplikasi dev anda  !


#include <iostream>
using namespace std;
int main () {
int premium, solar, pertamax, K;
cout <<"daftar harga premium, solar dan pertamax dari 1 sampai 10 liter"<<endl;
premium =7300;
solar = 6700;
pertamax =11650;
for( K=0;K <=10;K++)
{premium = K*7300;
solar = K*6700;a
pertamax =K*11650;
cout <<"harga premium dalam " <<K<<" liter adalah = "<<premium<<endl;
cout <<"harga solar dalam " <<K<<" liter adalah = "<<solar<<endl;
cout <<"harga pertamax dalam " <<K<<" liter adalah = "<<pertamax<<endl;}

}

Mengenal Struktur Percabangan Pada Materi algoritma dan Struktur data

  
Berikut Penjelasannya :
Tahap pertama
Disini tentunya kita akan memperkenalkan variabel terlebih dahulu


Tahap Kedua
dan disini Kita tentukan berapa harga BBM premium, solar dan pertamaxnya.


Tahap ketiga
Selanjutnya dalam tahap ini barulah fungsi for to do akan di gunakan
contoh : For K = 1 to 10 do, maksud nya ,, untuk 1 sampai 10 maka lakukan.
setelah itu barulah masuk ke tahap selanjutnya yaitu pemberian rumus untuk K=1 sampai K=10.


Tahap keempat
Kemudian dalam tahap ini , kita akan memberikan rumus untuk harga premium,solar dan pertamax.

Tahap kelima

Lalu kemudian dalam tahap ini kita akan menampilkan output dari rumus apa yang kita buat........

Berikut gambaran pada program dev nya.

Klik Memperbesar
Setelah itu cobalah untuk me- Run and Compile program tersebut, maka hasilnya akan seperti pada gambar berikut ini :
Nah, terlihat bukan ??? Contoh program ini ada susah dan senangnya bagi saya admin untuk menuliskan, tapi untuk kepentingan berbagi saya rasa tidak perlu merugi untuk saya. karena dengan ini saya dapat banyak belajar dan mampu mengolah program - program yang mungkin saat ini masih terbilang kecil dan sederhana, namun kedepannya saya akan mencoba program yang lebih besar dan membuat suatu program yang dapat saya ditribusikan ke sebuah perusahaan - perusahaan besar yang ada. Itulah impian saya. hehehe

BACA : Algoritma Lengkap

Membuat Program Pertambahan Menggunakan Aplikasi Dev C++



Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Langkah Membuat Algoritma dan Struktur data dengan Perulangan Positif (For To Do) Plus Contoh"

Post a Comment

> Silahkan Tinggalkan Komentar anda.
> Setiap Komentar anda Dapat nantinya menjadi Dorongan untuk Posting Kami yang lebih baik.
> Komentar Positif dan Dilarang Meniggalkan URL Aktif