ARTICLE

Balon Internet Google Siap Terbang di Langit Tanah Air

Perusahaan mesin pencarian dunia (Search Global) internet terbesar yaitu Google saat ini telah mempersiapkan produknya untuk Indonesia yaitu merupakan balon internet Project Loon untuk dapat memulai petualangan sungguhan di langit Indonesia, dimana rencana ini telah dirancang sebelum tahun 2016 tiba.
Penerbangan balon udara internet dari Google ini disebut bukan merupakan petualangan yang sungguhan, terlepas dari hal itu, pelepasan balon udara di langit Indonesia ini adalah masa uji coba yang akan dilakukan dengan menjalin kerja sama bersama perusahaan Operator seperti Telkomsel, Indosat XL Axiata yang merupakan operator ternama di Indonesia.
Proyek menyebarkan akses Internet Google dengan balon udara ini juga siap memasuki fase pengujian dengan operator seluler di Indonesia dan di tempat lain pada tahun ini.

Pihak Google berkata ini bukan langkah yang mudah, karena membutuhkan waktu lama untuk bisa mendesain balon yang diproduksi dengan harga rendah tetapi bisa bertahan lama di stratosfer.

"Kami telah merusak banyak balon," kata Astro Teller, kepala unit X di Alphabet (yang sebelumnya adalah divisi Google X).
“Kami sedang melakukan diskusi komersial dengan operator telekomunikasi di dunia dan akan segera menerbangkannya di berbagai wilayah, seperti Indonesia, untuk uji coba tahun ini,” Ditambahkan Astro Teller, Head of Alphabet untuk X Innovation.

  Baca :

Kabarnya Akhir Tahun 2016, Akses Internet 4G LTE Telkomsel akan Hadir di 40 Kota

Dalam konferensi TED di Vancouver, Senin (15/2), Teller telah memamerkan beberapa desain balon udara kepada para pengunjung. Ada balon yang didesain bulat dan balon yang terlihat seperti bantal raksasa.
Pihak Google juga telah menemukan desain balon yang dibuat dengan biaya murah, dan bisa dinavigasi dengan aktual. Teller berkata balon tersebut telah menempuh perjalan sebanyak 19 kali selama 187 hari pada tahun 2015 lalu.

Teller mengklaim bahwa balon tersebut bisa memberikan akses Internet dengan kecepatan hingga 15 Mbps yang dirasa cukup untuk melakukan streaming video.

Mengenai kabar kapan tanggal tepatnya balon internet Google ini akan diterbangkan masih belum dibeberkan secara gamblang oleh tellernya. Akan tetapi, menurut pengumuman yang diutarakan oleh Google bahwa ia telah secara resmi membangun mitra dengan tiga operator terkemuka di Indonesia sejak bulan Oktober 2015 kemarin.

Akan tetapi, mengingat bahwa tidak mudah untuk dapat menggapai semua upaya ini. Kabarnya, teknisi dari Google akan kewalahan dengan beberapa ide yang mengenai dengan bentuk balon internet tersebut, seperti mulai dari bentuk bantal, bulat sampai dengan bentuk yang mirip ikan paus biru, sebelum nantinya menentukan prototipe yang akan dipakai saat ini, Perkiraannya.
 Baca :

Hampir sama dengan Indihome, Google Fiber bakal Hadirkan Layanan Internet Triple Play

“Dengan balon yang ada, kami dapat menavigasinya untuk melayang hingga 2 mil secara vertikal ke langit dan 500 meter dari tempat yang kami tuju sejauh 20.000 kilometer. Pada tahun lalu, ada balon yang telah melayang ke seluruh dunia selama 19 kali dalam 187 hari. Kami masih perlu menurunkan biaya balon,” tutur Teller.

Sepanjang 10,5 juta mil jauhnya, project Loon milik Google ini telah melewati masa uji di Selandia Baru, Perancis dan Australia. Kemudian cakupan ini ingin terus diperluas lagi hingga ke seluruh dunia, dan Asia akan menjadi permulaannya bagi google.

Balon Project Loon milik Google ini rencananya tak hanya di terbangkan ditanah air saja, akan tetapi ada juga di Sri Lanka. Menurut informasi yang didapat dari The Wall Street Journal menyebutkan bahwa, terdapat tiga buah balon internet yang akan di terbangkan ke udara pada Senin minggu depan.

“Bayangkan ada miliaran orang lainnya dapat terkoneksi dengan berbagai hal, seperti pendidikan dan peluang ekonomi. Hal itu membuatku senang melihat tim Loon memiliki visi yang berani.” tambahan dari Teller.

Nah, Hebat Bukan ?? Kita tunggu saja kapan resminya Balon internet ini akan dapat berjalan di Tanah Air kita ini. Yang pastinya akan menambah banyak Peluang Berinteraksi dengan banyak orang didunia.
Untuk itu silahkan Baca Banyak Lagi tentang google

Baca : Kabarnya Google Akan Memblokir Iklan Flash Di Awal Tahun 2017

Google  

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Balon Internet Google Siap Terbang di Langit Tanah Air"

Post a Comment

> Silahkan Tinggalkan Komentar anda.
> Setiap Komentar anda Dapat nantinya menjadi Dorongan untuk Posting Kami yang lebih baik.
> Komentar Positif dan Dilarang Meniggalkan URL Aktif