ARTICLE

Uji Coba Balon Internet Google Loon, Jatuh di Perkebunan Teh

Kabarnya Minggu 20 Februari kemarin, Salah satu balon yang menyebarkan internet milik Google, ProjectLoon, telah dilaporkan jatuh di sebuah perkebunan teh ketika pertama kali diterbangkan. Warga desa menemukan balon udara ini dengan seluruh perangkatnya di wilayah Gampola, Sri Lanka.

Warga desa di Sri Lanka menemukan bagian balon di tengah kebun teh. Warga kemudian mengumpulkan bagian tersebut dan membawanya ke kantor polisi terdekat untuk di Kembangkan lagi.
Baca :

Balon Google Mengudara, Operator Akan Siap Diskusi Beberapa Hal Soal Tarif dan Lainnya

Untuk itu Beberapa orang yang bekerja di perkebunan teh lalu mengambil serpihannya dan membawanya ke kantor polisi.
Project Loon
Namun dari pihak Sri Lanka Information and Communication Technology Agency (ICTA) membantah hal tersebut dan mengatakan bahwa pendaratan berhasil dilakukan dengan selamat dan sesuai jadwalnya, Katanya dalam suatu Media Online.

"Balon Google Loon berhasil mendarat dengan selamat sesuai dengan standar prosedur operasi sebagai bagian dari sebuah tes Uji," kata kepala ICTA, Muhunthan Canagey melalui akun Media Sosial Twitternya.

Sebelum terjatuh, satu dari tiga balon internet pertama milik Google yang akan diterbangkan ini sudah mengudara di Sri Lanka pada hari Senin, 15 Februari 2016 setelah diterbangkan dari bagian Amerika Selatan.

Peluncuran Project Loon ini merupakan bagian dari suatu rencana sebuah perusahaan join venture antara raksasa internet di Amerika Serikat dan Colombo untuk memberikan sebuah akses internet berkecepatan tinggi dengan balon helium.

Lalu pada Awal Maret 2016, dari pemerintah Sri Lanka mengumumkan bahwa mereka akan mengambil alih sebanyak 25 persen saham perusahaan join venture milik Google. Investasi ini tidak berbentuk uang, melainkan sebuah alokasi spektrum untuk Project Loon.

Kelanjutannya adalah Ke depannya, pemerintah akan menawarkan 10 persen dari saham kepada penyedia layanan telepon yang berada di pulau tersebut. Hal ini dilakukan untuk memperluas jangkauan dan menurunkan tarif layanan paket data.
Baca:

Balon Internet Google Siap Terbang di Langit Tanah Air



Sedangkan Loon di Indonesia

Indonesia Tanah Air ini sendiri termasuk salah satu negara yang memanfaatkan Loon untuk menyebarkan sebuah jaringan internet ke kawasan terpencil yang belum pernah terjamah konektivitas. Loon menggunakan spektrum milik operator seperti Indosat Ooredoo, Telkomsel dan XL Axiata.

Salah satu operator tanah air, Indosat Ooredoo juga telah mengaku sudah melakukan uji coba Balon Loon dan pengujian akan selesai sekitar bulan Agustus 2016.

Nah untuk itu kita tunggu saja apa yang akan terjadi pada jaringan di daerah terpencil yang akan di masuki oleh konektivitas jaringan internet balon google ini. Saya rasa akan membuat perubahan yang signifikan disetiap daerah yang mendapatkannya.

 Baca juga :

Gig, Layanan Internet Fiber 1 Giga byte /s dari Indosat Ooredoo

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Uji Coba Balon Internet Google Loon, Jatuh di Perkebunan Teh"

Post a Comment

> Silahkan Tinggalkan Komentar anda.
> Setiap Komentar anda Dapat nantinya menjadi Dorongan untuk Posting Kami yang lebih baik.
> Komentar Positif dan Dilarang Meniggalkan URL Aktif